July 13, 2011

Rakit PC dengan budget terbatas

haha, kedengarannya gimna gitu mau merakit sebuah komputer tapi kehalang sama dana, apalagi bagi sebagian orang model anak sekolah/mahasiswa yang kebutuhan dana nya masih membutuhkan sokongan dari orang tua.
Disini saya mau coba bagi-bagi tips gmna agar kita bisa merakit sebuah komputer dengan budget terbatas.

Sebelumnya rencanakan dulu tujuanmu merakit komputer.
yup perencanaan itu penting, contoh aja kalau nantinya komputer itu cuma di pakai browsing, chating, ngetik-ngetik, atau print berarti ngga perlu memilih sparepart dengan spek terlalu tinggi. ya ngga ? hehe.

lanjut, beli hardware yang paling vital dulu sebelum beli yg lain, contohnya Motherboard/Mainboard.
Motherboard itu menurut saya sih(menurut saya loh)adalah pilihan pertama yang paling penting buat di beli dari namanya aja sudah kelihatan "main/mother"(induk) hehe.
Kedua pilih Prosesor yg sesuai kebutuhan mu
maksudnya kalau komputer dipakai untuk keperluan belajar dan bukan untuk gaming kan ngga perlu beli prosesor yang canggih-canggih amat, apalagi sekarang prosesor sekelas Pentium 4 atau Amd udah banyak pilihan dengan harga yang terbilang murah.
Beli Power suplay/PSU dengan terpisah atau jangan menggunakan Psu bawaan casing, pengalaman saya pakai Psu bawaan casing ngga sampai 4 bulan sudah tamat riwatnya, belum lagi resiko-resiko lainnya.

nah saya rasa beberapa poin tersebut sudah bisa di jadikan target utama pembelian.
dibawah ini beberapa contoh sparepart/hardware komputer yang harganya kalau menurut saya untuk ukuran komputer pentium 4 bolehlah dibilang murah.

Motherboard : Biostar 7050 ~ perkiraan harga  Rp 700.000 sudah terintegrasi videocard di situ(onboard VGA).



Prosessor : AMD X2 4400+  ~ perkiraan harga Rp 800.000
Power Suplay : ACbel 420 Watt ~ Rp 345.000. satu lagi hardware yang menurut saya punya peranan penting
dalam sebuah komputer, jangan membeli power suplay yang bawaan casing, biasanya abal-abal. 

Harddisk : WDC 160 GB SATA II 8Mb canche ~ perkiraan harga Rp 520.000 atau Seagate Sata 500Gb perkiraan harga Rp 530.000
RAM/memory : V-gen DDR2 6400 512MB x 2 ~ Rp 330.000
Case : nah kalau yang ini terserah deh asal ngga melewati budgetmu, tapi usahakan pilih yang punya airflow/jalur pendinginan yang lancar.
DVD-RW +/-  350.000

Hardware-hardware di atas itu kalu di total ngga sampai 4jt rupiah, tapi y tentu saja performanya sesuai dengan barangnya hihi, itu cuma sedikit rekomend dari saya ko, jadi semua nya tergantung sama situ..
Telitilah sebelum membeli,.pelajari dulu hardware-hardware yang akan dibeli nantinya, kenali jenis dan fungsinya, jangan terlalu mengandalkan penjual karana biasanya mereka bakal bilang semua barang yang mereka jual itu bagus-bagus.
Ok mungkin itu sedikit tips dari saya semoga bermanfaat buat anda.
 

2 Comment:

GST Training said...

Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

Buy Contact Lenses said...

It was very useful for me. Keep sharing such ideas in the future as well. This was actually what I was looking for, and I am glad to came here! Thanks for sharing the such information with us.

Post a Comment

Oiy eternal-link itu blog dofollow jadi jangan sungkan untuk tinggalin jejak kawan so..Silahkan Koment (NO LINK DIDALAM KOMENTAR ATAU TERPAKSA DI TRASH !!), dan jangan di-spam yah!!

About Me

My photo
Jakarta-Timur, Asia, Indonesia
Hallo kawan blogger selamat datang di eternal-link - blog yang menyediakan berbagai macam ulasan mengenai dunia komputer dan pernak-perniknya. Nama saya Rudy Haryanto, saya adalah seorang blogger paruh waktu yang senang mengetahui sesuatu yang baru dan mempelajari apa yang baru saya temukan.

Stats

Blog Archive

Blog Direktori [Ayo Daftarkan Blogmu]

  ©E t e r n a l-L i n k - All rights reserved.

Template by Dicas Blogger | Topo